Mengulas Serba Serbi Imlek 2567 dari Amplop sampai Cheongsam

“gong xi fa cai”

Tahun ke 2567 di penanggalan masyarakat Tionghoa. Ya, tahun ini adalah tahun yang cukup bermakna untuk mereka yang memiliki keturunan Tionghoa. Memasuki tahun Monyet Api, banyak warga yang sudah meramalkan berbagai kejadian setahun kedepan. Bukan hanya tentang keuangan, tapi tentang kehidupan, keluarga, masyarakat sampai dengan keberuntungan masyarakat di Indonesia.

Tapi jauh daripada urusan meramalkan ini dan itu berdasarkan penanggalan China, banyak orang yang sudah mulai sibuk mempersiapkan perayaan tahun baru Imlek yang ke 2567 ini. Mulai dari pernak-pernik untuk menghias rumah, makanan yang akan disajikan sampai dengan pakaian yang akan dikenakan.

Hmmm, sebelumya mungkin kamu pernah ingat dengan video yang pernah dibuat oleh anak-anak kreatif Jakarta ini. Sebagian besar dari mereka memang keturunan Tionghoa dan secara sengaja membuat video ini untuk ikut merayakan Tahun Baru Imlek 2015.

Nah, banyak kan macam-macam orang yang akan merayakan Imlek setiap tahunnya.

Tahun baru Imlek memang identik dengan warna-warna cerah seperti merah dan emas. Merah dianggap sebagai sebuah elemen yang akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Itu sebabnya banyak ornamen berwarna merah cerah saat merayakan Tahun Baru Imlek. Mulai dari lampion, amplop angpao, hiasan seperti bunga-bunga sampai dengan pakaian yang biasa dikenakan.

pernik-imlek

Selain itu warna emas juga identik dengan masyarakat Tiongkok dalam merayakan Imlek. Warna ini menandakan Kekaisaran. Kuning atau Emas dianggap sebagai warna yang paling indah. Itu sebabnya warna emas atau kuning juga identik ada di berbagai elemen atau ornamen saat merayakan Imlek.

Yang gak kalah peting yang perlu dipersiapkan adalah pakaian yang akan kita kenakan nantinya.

Cheongsam adalah salah satu pakaian yang sangat dinantikan untuk dipakai di hari raya Imlek. Selain memakai warna merah sebagai dasarnya, pakaian jenis ini memiliki ciri khas yang sangat unik dan tentu saja membuat si pemakainya terlihat lebih anggun dan elegan.

Selain memang asli pakaian tradisional China, pakaian ini ternyata memiliki model yang beragam sekalipun terlihat sama saja bagaimanapun warnanya. Seperti ini….

Yang paling KHAS dari pakaian Cheongsam ini adalah motifnya seperti bunga peony, naga, ikan dan sebagainya. Motif ini tentu saja diciptakan tanpa ada artinya. Setiap komponennya memiliki arti untuk kehidupan manusia.

Seperti:

  • Bunga Peony

Memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan

  • Bunga Lotus

Memiliki arti kecantikan dan keanggunan

  • Naga

Memiliki arti kekuatan

  • Ikan

Dilambangkan sebagai keberuntungan

DRESS-CHEONGSAM-IMLEK-WARNA-PINK-2015

Dari 4 komponen berharga ini selalu ada di setiap pakaian yang dikenakan di hari raya Imlek. Model yang ada saat ini juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Seperti jenis krah atau bagian leher baju Cheongsam ini.

47567994fe0ee0f5f9602a300d6ae347

Nah, sekarang kamu tahu kan pakaian Cheongsam yang ingin kamu kenakan di hari bermakna nanti? Kamu bisa mulai berburu pakaian Cheongsam untuk menyambut tahun baru Imlek 2567 mulai dari sekarang.

Semoga di tahun baru ini kita semua diberi keberkahan dan rejeki yang terus berlimpah ya 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s